Minggu, 26 April 2009

Pengertian Tasawuf Menurut Bahasa

PENGERTIAN TASAWUF MENURUT BAHASA

www.masgunonline.blogaspot.com: Untuk mengajukan pengertian tasawuf menurut bahasa, tergantung dari segi mana kita memandang tasawuf itu dan tergantung sejauh mana kita tahu, mengerti dan memahami tasawuf itu, maka itulah pengertian tasawuf menurut versi kita, namun dalam hal ini saya mengambil pengertian tasawuf dari sumber bahasa tasawuf itu sendiri. Tasawuf berasal dari bahasa Arab. Dalam hal ini para 'ulama berbeda pendapat dalam memberikan pengertian tasawuf dari segi bahasa Arab yang mereka miliki, tergantung dari segi mana para 'ulama memandang tasawuf itu dan tergantung sejauh mana para 'ulama tahu, mengerti dan memahami tasawuf dan jika mereka memberikan pengertian diiringi dengan kebencian terhadap tasawuf maka biasanya pengertian yang mereka berikan terhadap tasawufpun berkesalahan, karena dipengaruhi oleh unsur kebencian dalam hatinya terhadap tasawuf, hal ini bisa saja terjadi karena kekurang tahuannya terhadap tasawuf. Untuk itu mari kita simak pendapat para 'ulama tentang pengertian tasawuf menurut bahasa.

Insya Allah saya telah berhasil mengumpulkan pengertian tasawuf dari berbagai sumber, dalam hal ini saya dapatkan ada 8 (delapan) pendapat pengertian tasawuf menurut bahasa, yaitu:

1. Tasawuf berasal dari istilah yang diserupakan dengan "ahlus Suffah" yaitu salah satu kelompok jama'ah di zaman Rasulullah SAW yang hidupnya gemar berdiam diri berlama-lama beribadah di Masjid dan di sekitar Masjid.

2. Tasawuf berasal dari kata "shafa", merupakan fi'il mabni majhul sehingga menjadi isim mulhaq dengan huruf ya nisbah yang ditujukan sebagai julukan untuk orang-orang yang bersih atau suci (orang-orang yang rajin mensucikan dirinya kepada Allah).

3. Tasawuf berasal dari kata "shaf", ditamsilkan kepada orang-orang yang berada di shaf depan dalam sholat, maksudnya agar para sufi menjadi contoh dan suri tauladan yang terbaik dalam mengikuti peri kehidupan Rasulullah SAW.

4. Tasawuf di tamsilkan kepada orang-orang dari Bani Shuffah yang gemar mendirikan tenda-tenda di tengah padang pasir tatkala kemalaman dalam musafir.

5. Tasawuf berasal dari kata "sufi" yang artinya adalah orang suci atau orang yang rajin mensucikan dirinya kepada Allah SWT menurut tuntunan Al-Qur'an dan Al-Hadits. Pendapat ini yang paling populer di kalangan sufi.

6. Tasawuf berasal dari kata "shaufanah" yaitu sebangsa buah-buahan kecil berbulu yang banyak tumbuh di padang pasir Arab. Hal ini disebabkan karena mereka mendapati pakaian jubah para sufi di masa itu banyak bulunya, sehingga ditamsilkan dengan shaufanah.

7. Tasawuf berasal dari kata "shuf" yang artinya bulu domba atau wol. Hal ini dikarenakan para sufi di masa awal rajin memakai jubah yang terbuat dari benang wol berbulu domba sebagai tanda kerendahan hati dan kewarokan para sufi dalam berkehidupan di bumi Allah ini dan menghindari bermegah-megahan.

8. Tasawuf berasal dari kata "wazan tafa'ul", yaitu "tafa'ala-yatafa'alu-tafa' 'ulan" dengan imbangannya "tashawwafa-yatashawwafu-tashawwufan". Dalam hal ini tasawuf dapat berkonotasi makna dengan "tashawwafa arrajulu" artinya seorang laki-laki telah mentasawuf, maksudnya laki-laki itu telah hijrah dari kehidupan biasa menjadi kehidupan sufi, karena biasanya orang yang telah memasuki dunia tasawuf mereka mempunyai simbol-simbol seperti cara berpakaian yang terbuat dari benang wol, bahkan ada yang berpakaian jubah terbuat dari goni bolang (goni beras) sebagai bukti kesederhanaannya.

Demikianlah pengertian tasawuf menurut bahasa, semoga bermanfaat. www.masgunonline.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar