Rabu, 29 April 2009

WHO Naikkan Fase Flu Babi Jadi 5

Mas Gun Online dari www.detik.com diinformasikan: "Flu babi kian tak terbendung. WHO pun menaikkan fase penyebaran flu babi dari 4 menjadi 5. Kenaikan fase ini dilakukan setelah seorang anak di AS meninggal dunia. Dia merupakan korban tewas pertama yang terjadi di luar Meksiko. "Semua negara harus segera mengaktifkan rencana-rencana persiapan pandemi mereka," ujar Kepala WHO Margaret Chan seperti dilansir AFP, Kamis (30/4/2009).

Fase 5 ditandai dengan penularan antar manusia yang menyebar pada setidaknya 2 negara di dalam satu region WHO. Fase 5 adalah sinyal kuat bahwa pandemi sudah mengancam dan merupakan waktu untuk menyempurnakan organisasi dan komunikasi dan mengimplementasikan rencana mitigasi yang ada.

Sejauh ini 7 kematian akibat virus H1N1 telah dipastikan terjadi di Meksiko, pusat penyebaran flu babi, meskipun pejabat Meksiko menyatakan bahwa multistrain virus baru tersebut diduga telah menimbulkan 159 kasus kematian. Lebih 1.300 orang juga dirawat di RS dengan gejala flu, 49 di antaranya positif terpapar flu babi.

AS adalah negara kedua yang paling banyak terpapar virus, 91 kasus di 10 negara bagian. Seorang anak keturunan Meksiko menjadi korban tewas pertama di luar Meksiko ketika mengunjungi kerabat di Texas."

Songoni ninna. www.masgunonline.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar